BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di era globalisasi
zaman serba teknologi khususnya
Teknologi Komputer yang beberapa tahun ini sangat berkembang dengan pesat dan
telah digunakan banyak orang. Oleh karena itu banyak Dunia Usaha atau
Dunia Industri yang menggunakan Komputer sebagai sarana untuk
membantu pekerjaan, baik pekerjaan teknik maupun administrasi, Begitu
pula dengan teknologi game.
Banyak
orang yang senang bermain game, baik itu di laptop maupun di device yang mereka
punya. Selain untuk hiburan, game juga bisa untuk mengisi waktu luang agar
terasa lebih menyenangkan. Ada juga yang memiliki ide/konsep game mereka sendiri,
namun tidak bisa membuatnya. Sekarang hal tersebut bisa di atasi dengan Construct 2. apa itu Construct 2? Construct 2 adalah game
engine berbasis HTML5 yang
dikembangkan oleh Scirra.
Software
ini tidak hanya membuat video game berbasih HTML5, tapi bisa juga membuat
aplikasi-aplikasi lainnya dengan plugin-plugin yang tersedia. Software ini
membantu kita untuk membuat suatu game dengan mudah. Kelebihan utama dari
Construct 2 adalah selain tampilannya yang menarik, kita juga tidak perlu
memiliki kemampuan coding, Karena di Construct 2 ini sudah di
sediakan berbagai macam perilaku behavior yang nantinya bisa di terapkan
ke objek di game yang kita buat.
1.2 Rumusan
Masalah
a.
Bagaimana
cara membuat game dengan construct 2?
b.
Bagaiamana
cara menjalankan aplikasi construct 2?
1.3 Batasan
Masalah
Permasalahan
di batasi pada bagaimana cara pembuatan game, perintah-perintah yang harus
diketahui dalam aplikasi construct 2.
1.4 Tujuan
Adapun
tujuan dari proposal tugas akhir ini adalah :
a.
Untuk mendeskripsikan cara pembuatan
game dengan menggunakan construct 2.
b. Untuk
Memenuhi Tugas Akhir Di SMK MUHAMMADIYAH KUDUS.
1.5 Manfaat
Manfaat
dari tugas akhir ini adalah:
a.
Untuk Menyalurkan Sumbangan/Masukan
Pemikiran Kepada Pembaca, Guru, Dan Khususnya Bagi Generasi Siswa SMK
MUHAMMADIYAH KUDUS.
b.
Untuk Memenuhi Tugas Akhir Di
SMK MUHAMMADIYAH KUDUS.
c.
Untuk Membuat game bagi pemula Dengan Mudah dan cepat.
d. Memproduksi game
berkualitas, Mendapatkan penghasilan jika membuat game berbayar.
BAB II
LANDASAN
TEORI
2.1 Pengertian game
Game atau
permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga
ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius dengan
tujuan refreshing. Bermain game sudah dapat dikatakan sebagai life style masyarakat
masa kini. Dimulai dari usia anak-anak hingga orang dewasa pun menyukai video
game. itu semua dikarenakan bermain video game adalah hal yang
menyenangkan.
Teori
permainan adalah suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa sejumlah
pemain maupun perorangan yang menunjukan strategi-strategi rasional. Teori
permainan pertama kali ditemukan oleh sekelompok ahli matematika pada tahun
1994. Teori itu di kemukakan oleh John Von Neumann ada Oscar Morgenstern, menurutnya
permainan terdiri atas sekmumpulan peraturan yang membangun situasi
bersaing dari dua sampai beberapa orang
atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan
kemenangan sendiri ataupun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan peraturan
menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan
diterima setiap pemain sebagai kemajuan pemain dan sejumlah kemenangan ataupun
kekalahan dalam berbagai situasi.
2.2 Genre Game
Game
terdiri dari beberapa genre (jenis). Banyak dari game yang dibuat dengan menggabungkan
beberapa genre agar cerita game tersebut menjadi lebih menarik dan memuaskan
yang memainkannya. Untuk lebih memahami tentang genre (jenis-jenis) game,
berikut ini akan dijelaskan macam-macam genre game tesebut :
a) Adventure
(Petualangan)
b)
Fighting (Pertarungan)
c)
Racing
d)
Shooting
e)
Simulation
f)
Sport
g)
Strategy
h)
RPG (Role Playing Game)
2.3 Software yang digunakan
a.
Construct 2
Construct 2
adalah Game Engine berbasis HTML5 yang dikembangkan oleh Scirra Ltd,
Construct 2 sangat mudah untuk di pelajari berbeda dengan pengembangan game
pada umumnya Construct 2 memudahkan pengembang game untuk membuat aplikasi
dengan metode visual programming, yaitu drag & drop modul yang telah disediakan
dengan kebutuhan coding yang minimal. Dengan tool Construct 2 memungkinkan
siapa saja membuat game tanpa harus memiliki pengalaman pemrograman. Hal
ini ditujukan terutama untuk para non-programmer yang ingin menciptakan
sebuah game secara drag and drop menggunakan editor visual dan berbasis
sistem logika perilaku. Construct 2 selain bisa digunakan di Windows, juga dapat
dijalankan di banyak platform, seperti Mac, Linux, dan iPad.
b.
Adobe
Photoshop CS 6
Pengertian
Photoshop adalah program atau aplikasi yang khusus untuk membuat dan
memanipulasi / mengedit objek atau gambar. Adobe Photoshop ini biasanya banyak
digunakan oleh para photografer digital dan perusahaan iklan. Bersama Adobe
Acrobat, Adobe Photoshop ini merupakan produk terbaik yang pernah diproduksi oleh
Adobe Systems. Saat ini Adobe Photoshop tidak hanya dirancang untuk sebuah pengeditan
gambar / foto tetapi sekarang sudah berkembang dan dapat dipakai untuk memproduksi
gambar untuk World Wide Web dan juga sudah disertai dengan aplikasi seperti
Adobe Image Ready.
METODOLOGI
Metodologi yang digunakan dalam
penulisan Tugas Akhir ini meliputi metode analisis, pengumpulan data dan
perancangan game.
3.1 Metode Analisis
Analisis game dilakukan dengan cara
sebagai berikut:
§ Survey atas game yang berjalan.
§ Analisis terhadap temuan survey.
§ Identifikasi kebutuhan game.
§ Identifikasi persyaratan game dari
hasil analisis.
3.2 Metode Pengumpulan Data
Proses pengumpulan data yang penulis
lakukan dalam penyusunan Tugas Akhir ini sebagai berikut:
a)
Observasi
Observasi adalah pengamatan langsung
terhadap kegiatan yang diteliti. Untuk melengkapi data yang diperoleh, maka dilakukan
pengamatan mengenai video game zaman sekarang.
b)
Wawancara
Wawancara adalah proses memperoleh
keterangan dengan cara tanya jawab dan bertatap muka antara pewancara dengan
penjawab.
c)
Studi
Kepustakaan
Metode ini bertujuan untuk mencari literature
yang berisi teori yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas. Dalam hal
ini pengumpulan data diperlukan pedoman sepert buku-buku referensi yang berhubungan
dengan penulisan ini.
3.3 Metode Perancangan
Dalam
penyusunan Tugas Akhir ini perancangan database menggunakan MySQL dan bahasa
pemrograman menggunakan HTML5, PHP, dan JS.
BAB IV
HASIL DAN
PEMBAHASAN
4.1 Jadwal Kegiatan
Proses pembuatan game berbasis html5
dimulai dari awal bulan Desember 2015 sampai akhir Februari 2016, sejak
perencanaan hingga hasil jadi game Space Attack. Gambar berikut ini salah satu
kode program dari game yang telah dibuat.
Kegiatan yang saya lakukan
diantaranya :
·
Penentuan
nama game
·
Pencarian
informasi lewat wawancara
·
Persetujuan
proposal
·
Pembuatan
Flowchart game
·
Pembuatan
game
·
Pemasukan
data game
·
Implementasi
4.2 Peralatan
Tidak perlu menggunakan peralatan
yang banyak untuk membuat game Space Attack, hanya di perlukan laptop/pc untuk
menjalankan aplikasi construct dan beberapa aplikasi pendukung lainnya.
4.2.1 Pembuatan
Sebelum saya membuat game, diperlukan
juga software yang menunjang dalam pembuatannya diantaranya :
1. Construct 2 : Kegiatan
pembuatan game
2. Adobe Photoshop :
Desain gambar game
3. XAMPP : Web Server dan
DB Server Local
4. Browser : Menampilkan game
berbasis html5
4.2.2 Pengujian
Setelah game berhasil dibuat, game
akan diimplementasikan di laptop/pc. Aplikasi yang dibutuhkan untuk implementasi
game OS ialah :
1. Web Server : Apache
(XAMPP / AppServ)
2. Database Server :
MySQL Server (XAMPP / AppServ)
3. Browser : Google Chrome
4.3 Pemasaran
Dalam
proses usaha yang saya buat ini, saya tidak membutuhkan modal awal karna
aplikasi yang construct yang saya gunakan free hanya bermodalkan laptop dan
beberapa aplikasi pendukung. Kegiatan pemasaran produk yang saya perjualkan,
saya memasang game yang akan di jual di website penjualan game, sehingga
pembeli dapat mengetahui game yang saya perjualkan dengan hanya membuka website
tersebut. Sasaran saya untuk memperjualkan game saya adalah masyarakat yang
suka bermain game simple dan tidak ribet cara memainkannya dengan harga game
yang cukup terjangkau yaitu Rp. 1.000,- per satu game.
4.4 Sistem Kerja
Tampilan game Space Attack dibagi menjadi
4 yaitu start, petunjuk, game dan game over. Game dibuat senyaman mungkin sehingga
mempermudah pemain untuk memainkan game Space Attack. Di bawah ini ialah
tampilan dari game Space Attack :
Tampilan start pada game Space Attack.
Tampilan
petunjuk permainan
Tampilan gambar game Space Attack.
Tampilan game over pada game Space Attack.
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
1.
SIMPULAN
Proyek Tugas Akhir (Project Work) merupakan bentuk pada
pelajaran produktif bagi kelas XII yang akan menghadapi Ujian
Nasional. Project Work mempunyai prospek yang sangat baik untuk meningkatkan keterampilan siswa dibidang keahlian yang ditekuninya. Selain
dapat menambah pengetahuan dan daya kreatifitas siswa
sebagai bekal untuk bekerja pada suatu perusahaan.
Proyek Tugas Akhir dapat memacu siswa untuk dapat memilih etos kerja yang baik dan meningkatkan disiplin ilmu yang
berhubungan dengan keahlian
yang dimilikinya. Seperti halnya
pada program keahlian Teknik Komputer Jaringan dalam membangun sebuah kreatifitas.
2. SARAN
Dengan
demikian laporan tugas akhir ini kami buat, kami menyadari bahwa masih banyak
kesalahan - kesalahan dalan penulisan yang kami buat. Untuk itu kami mohon
kritik dan saran dari Bapak/Ibu maupun pembaca apabila ada kesalahan dan agar
kami dapat mengetahui dan memperbaikinya.
DAFTAR
PUSTAKA
0 on: "Laporan Tugas Akhir Teknik Komputer Jaringan Membuat Game AirSpace Dengan Aplikasi Construct"